Selasa, 21 April 2015

MODERNISASI TIDAK DAPAT DIHINDARI

Saudara-saudara sekalian seiring dengan perkembangan alam dan zaman, diringi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sungguh kemajuan ini pengaruhnya amat besar sekali di bidang kehidupan ekonomi bangsa Indonesia.

Perkembangan masyarakatpun ikut berubah dalam sikap dan prilakunya. Adapu cirri-ciri masyarakat modern adalah selain memiliki sifat rasional juga menununtut adanya efektifitas dan efisiensi, penghargaan terhadap waktu , keberanian menanggung resiko, sifat kompetitif, kesanggupan bekerja sama dalam kelompok ( tim ) atau kebersamaan dalam ketergantungan.

Selain dari itu era mendatang juga akan ditandai oleh kemajuan perkembangan ilmu dan teknologi tersebut. Semakin maju pekermbangan kemajuan zaman pasti akan menuntut pengeluaran dan pembiayaan gaya hidup yang semakin meningkat, sehingga pembangunan ekonomi di segala bidang akan semakin dominan.

Tujuan hidup untuk tertib damai salam dan bahagia memang menyangkut banyak segi, namun kesejahteraan lahir batin tidak mungkin terlepas kaitannya dengan faktor ekonomi. 

Faktor ekonomi untuk kebutuhan lahir adalah untuk kebutuhan kesehatan jasmani sedangkan kebutuhan batin perlu adanya peningkatan pembinaan mental dan spiritual yang semakin mantap, tajam dan terpercaya. Kedua factor tersebut harus bisa sejalan, selaras, serasi dan seimbang.

Dengan demikian maka pembangunan ekonomi menjadi tanggung jawab seluruh rakyat dan pembangunan mental spiritual adalah tanggung jawab para pemuka agama, termasuk seluruh orang tua di keluarga masing-masing.

Sekarang bagaimana dengan Tamansiswa ? Tamansiswa pun juga turut bertanggung jawab, walaupun Tamansiswa bukan lembaga ekonomi, tapi merupakan lembaga perjuangan kebudayaan yang menggunakan pendidikan dalam arti luas sebagai sarananya. 
Maka tugas terpenting dari Tamansiswa adalah mendidik para siswanya termasuk wong Tamansiswa di dalamnya agar diberikan bekal dengan sikap mental wiraswasta atau wira-usaha.


Ini merupakan nilai-nilai yang sangat diperlukan bagi pembangunan di bidang ekonomi. Dan ini amat penting bagi bangsa Indonesia untuk bisa tampil dalam forum bangsa – bangsa dalam pola kehidupan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar