Kamis, 23 April 2015

BIMBINGAN DAN ARAHAN GURU ITU AMAT PENTING

Sebagai seorang guru janganlah mendidik anak dgn cara manja, tapi hanya sekedar mengarahkan agar mereka menjadi manusia yang mau berusaha dan berfikir untuk kemajuan dirinya.

Misalnya ada siswa yang tidak mengeti atas apa yang disampaikan oleh gurunya, maka sang guru kasih contoh lain yang masalahnya sama atau hampir sama dengan materi yang disampaikan. Bila ia sudah mengerti akan hal itu, segera untuk memecahkan apa yang dihadapinya.

Bila sang guru memberikan bantuan terlalu dini kepada siswa maka bisa menjadikan siswa itu manja, dan bila bantuan itu berlebihan juga kurang baik karena merupakan pemborosan dan mubazir.

Pertumbuhan jiwa-raga siswa atau anak dalam proses perkembangan kepribadiannya secara fisik-biologik mengikuti tahapan-tahapan tertentu yang sifatnya evolusioner.  Ketentuan ini berlaku bagi perkembangan anak yang normal. Bagi anak yang abnormal dalam arti positif atau negative maka berlaku penyimpangan dari ketentuan tersebut disesuaikan dengan kondisi dan situasi sang anak.

Kenyataannya hal ini akan menimbulkan kondisi anak yang berbeda perkembangannya, sehingga di dalam pelayanannya juga guru harus melakukan dengan cara yang berbeda.
Dengan menciptakan suasana alam kemerdekaan kepada anak akan memberikan potensi yang bebas untuk berkembang tanpa hambatan, kalaupun ada maka akan sangat kecil terjadinya.

Sikap dan prilaku guru yang menekan, memaksa, bahkan memarahi apalagi dengan menghukum sang anak akan menimbulkan tekanan kepada anak dan ini bisa menekan jiwanya. Sehinggal prilaku buruk yang ada pada diri anak tidak bisa dihilangkan bahkan akan anak akan berprilaku menyimpang.

Anak didik sebagai individu perlu mendapatkan bimbingan dalam usaha peningkatan dirinya secara klautatif dalam keserasian perkembangan sosialnya dalam hidup bermasyarakat. Bila pendekatan seperti ini dilakukan terhadap sang anak, maka akan menuntun anak agar bisa hidup bersama dengan yang lainnya, artinya merasakan bahwa hidup itu tidak bisa sendirian, masing-masing antara yang satu dengan yang lain itu saling membutuhkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar