Kamis, 23 April 2015

FAKTOR FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN

Dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar, Tutwuri Handayani menentukan sikap laku guru atau pamong, dimana hal-hal yang harus diperhatikan  adalah :

1.Setiap siswa memiliki pribadi yang berbeda ;

2.Harus mengikuti pertumbuhan jiwa raga siswa sesuai dengan kodrat alamnya ;

3.Tumbuhkan segala potensi kodrati yang telah dikaruniakan Tuhan YME memerlukan iklim dan suasana merdeka ;

4. Manusia dalam hal ini para siswa adalah makhluk individu dan sekaligus makhluk social ;

5. Setia manusia atau setiap siswa mempunyai kodrat untuk dihargai dan diperlakukan sesuai dengan martabat kemanusiaannya ;

6. Untuk mencapai keseimbangan dan keselarasan dalam hidup bermasyarakat, pelaksanaan hak asasi kemanusiaan perlu disertai dengan perwujudan kewajiban asasi kemanusiaan ;

7. Bagi suatu bangsa pendidikan merupakan suatu wahana untuk menanamkan nilai-nilai sesuai dengan perkembangan budaya bangsanya yang dynamis, bukan statis.

Untuk itu para guru di dalam pelaksanaannya di dalam mendidik para siswanya harus mempertimbangkan factor-faktor tersebut di atas.

Pendekatan kepada siswa yang sifatnya menyeluruh tidak akan mengenai sasaran karena secara kualitatif setiap siswa itu berbeda. Oleh karena itu harus dilakukan pendekatan secara individual agar pemberian bantuan dan bimbingan guru sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh para siswanya, waktunya tepat dan kualitasnya juga tepat.

Jangan sampai guru mengajar hanya asal mengajar, hanya menyelesaikan tugas mengajar, hanya memenuhi target kurikulum saja, tanpa memperhatikan keadaan para siswanya, apakah mereka faham dengan yang diajarkan atau tidak, yang penting target terpenuhi. 

Selain itu guru harus peka tentang hal-hal yang banyak dibutuhkan terjadi di masyarakat, dan berilah para siswanya materi sesuai dengan kemampuan sang guru, apakah pembinaan mental dan spiritualnya, akhlaknya, budi pekertinya, sopan santunya. Dsb. 

Sisihkan waktu sedikit misalnya 5 atau 7 menit untuk memberikan materi itu kepada para siswa. Tujuannya adalah untuk membentuk karakter siswa. Jadi jangan hanya diserahkan kepada Guru Agama saja atau guru olah raga saja atau Guru BP dan BK saja, Sebaiknya semua guru Mata Pelajaran melakukan hal ini semua. Sehingga disamping para siswa medapatkan ilmu pengetahuan juga mendapatkan kepribadian yang bermutu. Hal ini nanti akan terwujud pada sikap dan prilakunya sehari-hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar