Rabu, 22 April 2015

TUTWURI HANDAYANI

Pada awalnya Tutwuri Handayani hanya berlaku di lingkungan pendidikan Tamansiswa sebagai metode pendidikan. Akan tetapi dalam perkembangannya semboyan ini masuk ke dalam Darma Pusaka sebagai salah satu dari Sebelas Unsur Kepemimpinan ABRI kita.

Di dalam setiap Pendidikan dan Latihan, maka Tutwuri Handayani merupakan unsur pranata sosial yang berlaku dalam masyarakat Indonesia.

Sehubungan dengan itu semua, bagi setiap guru atau pendidik, kiranya sangat penting untuk memahaminya seboyan tersebut. Kemudian menghayatinya dan selanjutnya agar mampu melaksanakannya secara baik dan benar dan penuh tanggung jawab dalam proses Kegiatan Belajar dan Mengajar.

Jadi baik sebagai guru pendidik, maupun sebagai warga Negara Indonesia maka tutwuri handayani benar-benar perlu dipahami secara baik dengan menunjukkan sikapnya sebagai Among ( berprilaku Among ) .

Sebagai pranata sosial, maka Among akan selalu berlaku dan terjadi manakala ada interaksi antar manusia, apakah di lingkungan keluarga, di lingkungan formal atau sekolah dan perguruan tinggi dan di lingkungan masyarakat, termasuk di lingkungan perkantoran atau perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar