Selasa, 21 April 2015

PENDIDIKAN YANG BERORIENTASI KEPADA PEMBANGUNAN

Peningkatan pekembangan ekonomi di negeri kita ini adalah faktor yang utama dan terutama. 

Untuk itu bangsa Indonesia harus berusaha agar mampu mewujudkannya melalui bidang ekonomi tersebut, baik melalui ilmu pengetahuan dan teknologi ataupun di sektor-sektor lainnya. Tujuannya adalah agar bangsa ini mampu menciptakan kehidupan yang baik, maju dan sejahtera baik lahir maupun batin.

Untuk mencapai tingkat kemampuan seperti itu sebenarnya Tamansiswa sudah memberikan andil yang cukup besar kepada pemerintah, namun hanya sebagian kecil saja yang mampu memahaminya.

Memang Ki Hajar Dewantara tidak memiliki teori ekonomi secara spesifik, akan tetapi beliau telah memberikan teori dasar ekonomi yang paling mendasar sebagaimana tertuang di dalam pasal 33 Undang Undang dasar 1945. 

Beliau telah urun rembug yang cukup penting.Selain prinsip yang mendasar tersebut tujuan pendidikan Tamansiswa untuk menjadikan para siswanya menjadi manusia yang berjiwa merdeka lahir batin, dan bisa dijadikan landasan bagi pendidikan wiraswasta.

Salah satu kegiatan wira usaha Tamansiswa adalah dengan mengikuti anjuran, himbauan Bapak Presiden tanggal 20 Juni 1990 agar Tamansiswa mendirikan dan menciptakan kader koperasi dan mampu mengelola koperasi itu merupakan himbauan yang wajar dan realistis.

Di dalam mendidik para siswanya Tamansiswa juga mengutamakan pola hidup sederhana dan hemat, berjiwa kekeluargaan dan menumbuhkan hajat hidup kebersamaan dan kerukunan antar sesame anggotanya.


Dengan demikian apa yang sudah digagas oleh tamansiswa tersebut sudah sesuai dengan pasal 33 Undang Undang Dasar 1945. 

Dan ini pun merupakan masukan pula dari Bapak Sayidiman sebagai sesepuh Perguruan tamansiswa, yang kesemuanya itu merupakan landasan yang tepat bagi pendidikan wiraswasta.

Oleh karena itu bagi wang Tamansiswa secara umum dan khususnya yang telah mengenyak pendidikan di lingkungan Tamansiswa. Setelah tidak bekerja ( berada di luar ) Tamansiswa, harus bisa mandiri. Bahkan usahakan bisa menciptakan lapangan kerja untuk kebutuhan orang banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar