Minggu, 06 September 2015

KASIH SAYANGILAN ANAK2 ANDA

Banyak orang tua menakut-nakuti anaknya. Anehnya, tujuan menakut-nakuti supaya anak menuruti keinginan orangtua. Padahal mereka tak sadar sebagian efek ketakutan pada anak.
Menakut-nakuti bayi di bawah 12 bln. cuma bakal bikin ia senantiasa terasa tak aman serta nyaman. Lantaran, dengan menakut-nakuti bayi, terlebih senantiasa berulang di terima, lama kelamaan dia bakal menyerapnya. Dalam otak bakal terekam bahwa apa yang ditakut-takuti itu hingga si kecil senantiasa terasa tak aman serta nyaman.
Menakut-nakuti Batita

Menakut-nakuti anak umur 1- 3 th. (batita) cuma bakal bikin anak bergantung pada orangtua. Anak balita tak dapat membedakan mana yang masuk akal serta mana yg tidak. Karenanya, apa yang dipandang serta dingarnya kerap diserap juga sebagai suatu hal yang riil. Hingga menakut-nakuti anak umur 1- 3 th. atau batita cuma bakal membuatnya bergantung pada orangtua. Pada akhirnya si anak jadi sosok penakut.
Menakut-nakuti Balita

Anak umur 3 – 5 th. (Balita) mempunyai imajinasi yang telah berkembang. Rasa takut yang nampak lantaran senantiasa ditakut-takuti bakal membuatnya mimpi jelek. Sesaat ketakutan yang terus-terusan dihadapi bakal menyebabkan anak senantiasa bingung, kuatir serta tegang.
Menakut-nakuti 6 – 9 tahun

Situasi takut disebabkan serng ditakut-takuti itu selalu memandang dalam benak anak, jadi sistem eksplorasi, bermain serta aktivitas rutinnya bakal terganggu dan terhalang. Perasaan takut terlalu berlebih bakal mengakibatkan kerusakan kempuan memikirkan serta berprilaku dengan cara rasional, terlebih dalam pengambilan ketentuan.
Menakut-nakuti anak 9 – 12 tahun
Terlampau banyak menakut-nakuti anak pada umur ini dapat menyebabkan negatif. Banyak daya terbuang sia-sia lantaran anak pelihara rasa takutnya yang terlalu berlebih hingga mengganggu sistem belajarnya di sekolah. Dia tidak dapat konsentrasi belajar. Yang semestinya dipakai untuk belajar, jadi dipakai untuk menangani rasa takutnya.
Jadi tambah baik hindari menakut-nakuti anak. Terlebih maksudnya cuma untuk anak menuruti hasrat orangtua saja. Lalu apa yang perlu dikerjakan beberapa orangtua?
Panduan buat Orang Tua Hindari Menakut-nakuti Anak
– Stop menakut-nakuti anak berbentuk apa pun. Bila sangat terpaksa memerlukan penjelasan dari orangtua hingga anak mengerti
– Di umur bayi, keperluan basic sangatlah utama di perhatikan yakni terwujudnya rasa aman serta nyaman. Pekerjaan orangtua yaitu mengkondisikan situasi lingkungan yang kondusif lewat cara membujuk atau mengajak si kecil dengan kalimat lemah serta lembut.
– Begitu juga dengan batita serta si pra sekolah, membujuknya lebih efisien dari pada menakut-nakuti yang pasti tak ada faedahnya.
– Kontrol menangani rasa takut anak, janganlah dibiarkan si kecil sendiri menangani rasa takutnya. Doronglah anak untuk mengekspresikan perasaannya hingga sehingga latar belakang ketakutannya bisa tersingkap.
– Apabila rasa takut anak telah mengganggu aktivitasnya sehari-hari, baiknya tanyakan pada pakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar