Kamis, 07 Mei 2015

KENDALIKAN HAWA NAFSU... JANGAN MEMPERTURUTKAN HAWA NAFSU

MERUBAH PARADIGMA
Stephen Covey, penulis buku Seven Habits of Highly Effective People tentang pengalamannya di kereta api bawah tanah New York.
Hari itu minggu pagi. Para penumpang duduk diam, mengantuk, membaca koran dan beberapa lagi melamun.
Namun ketenangan itu berubah saat seorg pria dan anak 2x nya naik membuat gaduh dan mengganggu seluruh gerbong.
Pria itu nampak termenung dan tidak peduli dgn tingkah anak 2x nya yang sangat mengesalkan, ia bahkan tidak berbuat apa apa.
Covey menahan jengkel. Akhirnya berkata juga pada pria itu, "Pak, anak 2x anda mengganggu semua orang, bisakah anda sedikit mengendalikan mereka ?"
Pria itu menjawab dengan pelan, "Oh Anda benar, maaf seharusnya saya melakukan sesuatu. Kami baru pulang dari rumah sakit. Ibu mereka meninggal sejam yg lalu. Saya tidak tahu harus berpikir bagaimana. Dan saya kira mereka juga tidak tahu bagaimana harus menghadapinya"
Covey menulis lebih lanjut. "Bisakah anda membayangkan perasaan saya waktu itu? Paradigma saya bergeser. Tiba 2x saya melihat semuanya secara berbeda, saya berpikir secara berbeda. Kekesalan saya lenyap pada hari itu. Hati saya dipenuhi kepedihan pria itu. Rasa simpati dan belas kasihan mengalir dan semua nya berubah dalam sekejap."
Bilamana kita tidak berfokus untuk kepentingan pribadi maka kita bisa bersikap sabar dan mengasihi orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar