Rabu, 06 Mei 2015

B U D I P E K E R T I

Budi Pekerti itu merupakan bagian daripada kebuadayaan. Budaya adalah buah budi manusia.

Bila manusia tdk memiliki budaya, maka etika terabaikan, sopan santun disepelekan, tata tertib dilalaikan


Dengan budi pekerti maka membiasakan anak2 utk membiasakan berbuat baik menurut kesusilaan manusia

Dengan budi pekerti menuntun anak2 agar bisa mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ketrampilan yg mereka miliki, demi mensejahterkan hidupnya lahir dan batin

Dengan hudi pekerti menuntun dan melatih anak2 ke arah yg positif, bukan hanya teori belaka namun mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari

Budi pekerti ditanamkan sejak dini kpd anak2 bertujuan membekali mereka utk kebutuhan di masa kini dan masa yg akan datang saat mereka dewasa dan sadar akan tanggung jawab yg diembannya

Apa jadinya pada anak2 kita bila mereka tdk dibekali budi pekerti ? Mereka juga suatu saat akan mandiri, berkeluarga, dan punya turunan. Lalu mau diapakan kesemuanya itu ?

Jangankan para pelajar saat ini. Sebagian para memimpin rakyat yg duduk di pemerintahan sungguh, amat mengecewakan. Yang korupsi, manipulasi, penyalah gunaan dana dsb. Apakah mereka dianggap masih memiliki budi pekerti ?

Para pelajar di sekolah dididik, dituntun, dibimbing agar diusahakan menjadi manusia yang baik, sementara di sisi lain ada yg memberikan contoh yg kurang baik. Lalu negeri ini mau dijadikan apa untuk masa mendatangnya ?

Andaikan saja para pahlawan pendahulu kita bisa dihadirkan lagi ke dunia, maka bisa dibayangkan mereka akan berkata apa ? Kami berjuang dulu utk mengusir penjajah dan menjadikan Indonesia merdeka, sampai berkorban darah, air mata bahkan nyawa, agar generasi mendatang bisa lebih sejahtera semuanya.

Lalu kenapa kalian tdk meneruskan amanat ini, bahkan saling berebut kekuasaan, saling sikut sono sini, seperti berebut harta warisan, sampai rakyatnya banyak dilupakan.

Semoga saja negeri ini segera semuh dari berbagai macam prilaku manusia yang tidak memiliki budi pekerti yang baik.

Sehingganegeri ini bisa menjadi negeri yang aman, sejahtera, subur makmur, gemah, ripah, loh jinawi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar