Selasa, 15 Agustus 2017

P A N C A S I L A




Pancasila adalah Ideologi ( Ide,gagasan atau pamahaman ) dasar bagi negara Indonesia. 

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia yang terdiri atas dua kata sansakerta, 

Panca yang berarti lima, dan sila yang berarti Azas atau Prinsip. 

Isi Pancasila ada 5, pasti kalian tahu dan bisa sebutkan, karena ketika kita masih kecil diajarkan dan sering mendengar isi pancasila dibacakan setiap  hari ketika upacara bendera.

Isi Pancasila terdiri dari 5 sendi utama sebagai penuyusun yang diantaranya sebagai berikut :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa,

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab,

3. Persatuan Indonesia,

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan,

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Setiap warga negara Indonesia harus ber Tuhan artinya harus menganut agama , yang tidak menganut agama berarti bukan warga negara Indonesia 

Setiap warga negara Indonesia harus mau hidup bermasyarakat , rendah hati terhadap sesama manusia , dilarang bergaull itu pilih - pilih ,  

tertutama  orang yang ekonominya di atas dirinya  , itulah yang dipilihnya , bila yang ekonominya di bawahnya , tidak mau bergaul dengannya . 

Sifat ini bukan warga negara Indonesia yang baik  , bukan manusia yang beradab .

Setiap warga negara Indonesia harus bersatu , menuju satu tujuan yaitu masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila .  

Mereka yang selalu mencari masalah , saling bermusuhan  berarti bukan warga negara Indonesia . Mereka adalah virus - virus yang berbahaya dan bila dibiarkan maka akan menghancurkan negara .

Termasuk orang yang melakukan korupsi , manipulasi . Mereka hanya mementingkan dirinya sendiri atau bisa jadi dengan kelompok mereka sendiri . Hanya ingin memperkaya dan memperkuat dirinya saja .

Sebagai warga negara yang baik setiap ada permasalahan , atau rencana . Hendaknya dimusyawarahkan terlebih dahulu , bukan berjalan di atas golongannya sendiri , apalagi atas kemauan pribadi .  Tan musyawarah untuk mencapai mufakat demi kebersamaan , maka bukan warga negarayang baik .

Sebagai warga negara yang baik harus bisa bersikap adil terhadap diri sendiri , Adil terhadap Allah dan Adil terhadap sesama manusia .

Adil terhadap diri sendiri artinya dia memperlakukan diri sendiri dengan baik dan penuh kasih sayang . Jangan menzalimi dirinya sendiri . Barangsiapa yang berbuat kejahatan berarti tidak sayang , tidak adil terhadap dirinya sendiri .

Adil terhadap Allah artinya bila menuntut hak kepada Allah , maka harus mau melaksanakan kewajiban Allah yang telah diembankan terhadap dirinya .

Adil terhadap sesama manusia artinya hidupnya tidak akan merugikan orang lain juga tidak ada yang diuntungkan , dalam masalah hukum harus diperlakukan sama , tidak ada karena dia adalah keturunan si fulan atau keluarga si fulan . Semuanya harus diperlakukan sama , tanpa pandang bulu .

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar