Kamis, 12 Maret 2015

TIGA SERANGKAI

TAMANSISWA , PEMERINTAH  DAN  MASYARAKAT  

Tamansiswa sebagai lembaga perguruan swasta yang sekaligus sebagai penyelenggara pendidikan dan pengajaran. Pemeintah selaku penyelenggara Negara dan Masyarakat selaku abdi Negara, masing-masing harus bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan bidangnya , bersatu padu demi melaksanakan amanah yang sudah diembankan melalui Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 yaitu

Indonesia sebagai Negara yang berdaulat, seluruh warga Negara baik pemerintah sebagai penyelenggara Negara  dan rakyatnya sebagai abdi Negara harus bersatu padu mempertahankan kemerdekaan Negara ini sekaligus menumbuh kembangkannya, agar Negara Indonesia itu diakui oleh bangsa-bangsa lain di dunia ini.

Seluruh tumpah darah Indonesia dari Sabang sampai Merauke harus dilindungi baik rakyatnya dan juga kekayaan alam sebagai sumber daya manusia digunakan sepenuhnya untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia, tidak boleh disalah gunakan untuk mmperkaya diri pribadi dan golongannya masing-masing.

Dan dari pengalaman sejarah mengatakan bahwa terjadinya penjajahan itu adalah karena kebodohan daripada bangsa itu sendiri. Untuk hal itu maka semua rakyat Indonesia harus berpendidikan. Disinilah peran serta Tamansiswa untuk bekerja dan berusaha mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia sesuai dengan kemampuan yang ada di lingkungan Tamansiswa, juga beserta lembaga-lembaga pendidikan lainnya.


Karena Indonesia itu merupakan satu Negara, sedangkan di dunia itu ada Negara-negara lainnya, maka Indonesia juga harus bisa hidup sejajar dengan Negara-negara lain, harus bisa bersatu padu dengan mereka dengan berpedoman kepada persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk menuju tertib damainya hidup bersama yang berkeadilan sosial, dan semua itu merupakan tugas nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar