Jumat, 13 Maret 2015

ADA APAKAH PRILAKU MENYIMPANG PADA PARA PELAJAR ?

PRILAKU MENYIMPANG  

Di akhir-akhir ini di kalangan pelajar banyak sekali perilaku yang menyimpang, yang seharusnya tidak terjadi di kalangan para pelajar seperti memdirikan geng-geng atau kelompok, tawuran antar pelajar, pembegalan, perampokan yang setelah ditangkap ternyata ada yang berstatus masih pelajar, pekosaan, pelecehan seksual juga banyak terjadi di kalangan antar pelajar. 

Semua ini adalah merupakan akibat daripada pergaulan bebas. Ingat keberhasilan suatu pendidikan itu ditunjang oleh tiga factor lingkungan. 

Pertama adalah lingkungan keluarga. Bagaimana akan tercipta suatu pribadi yang baik bila di lingkungan keluarganya kurang perhatian dan kasih sayang. Tidak adanya pengarahan dan bimbingan dari keluarganya untuk membetuk pribadinya. Sehingga sang anak mecari perhatian itu di luar rumah, namun akibat salah bergaul, maka terjerumus ke jurang kejahatan. Sungguh pendidikan di lingkungan keluarga itu faktor yang utama dan paling utama sebagai dasar kehidupannya. 

Kedua lingkungan sekolah. Bila di lingkungan sekolah para pamong hanya menghabiskan waktu untuk menyampaikan ilmunya tanpa ada tambahan bimbingan moral walau hanya lima menit saja dan para pamongnya tidak memberikan suri tauladan yang baik, maka jangan harap pendidikan itu bisa berhasil. 

Ketiga lingkungan masyarakat. Walupun pendidikan di keluarga sudah baik, di sekolah disiplin, tapi saat di masyarakat salah memilih teman bergaul, juga mengakibatkan prilaku yang tidak baik. 

Untuk itu ketiga factor tersebut yaitu pendidikan di lingungan keluarga, sekolah dan masyarakat harus bisa berjalan selaras, serasi dan seimbang maka akan tercipta siswa yang diharapkan oleh Tamansiswa . Inilah yang dikenal di Tamansiswa dan merupakan ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu TRILOGI SYSTEM PENDIDIKAN 

Semoga ini bisa dijadikan pembelajaran buat semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar