Jumat, 13 Maret 2015

CABANG TAMANSISWA bagian dari MAJELIS LUHUR

Majelis Luhur Tamansiswa selaku pengurus badan pusat Tamansiswa memiliki Cabang-cabang sebagai perwakilan di kota-kota hampir di seluruh kota di Indonesia. Termasuk Cabang Cirebon yang ada di kota Cirebon. 

Cabang Cirebon dipimpin oleh Ketua Peruruan Tamansiswa Cabang Cirebon merangkap selaku Ketua Majelis Cabang Tamansiswa Cabang Cirebon. Ketua Majelis Cabang ini sebagai penguasa tertinggi, atau kalau di ABRI sebagai Panglima 

Tertinggi bertugas menyusun program pengelolaan dicabang tersebut secara umum. Untuk lancarnya kegiatan ini maka Ketua Perguruan ( Ketua Majelis Cabang ) dibantu oleh Panitera selaku sekretaris Majelis Cabang . Tugas sekretaris ini mendata setiap kegiatan cabang dan juga yang lainnya selama periode kepengurusan tersebut. 

Kemudian Ketua Perguruan juga dibantu oleh Ketua Bidang Organisasi yang menangani Sumber Daya Manusia di cabang tersebut. Kualitas Perguruan ini salah satunya ditentukan oleh Sumber Daya Manusianya yaitu para pamong ( guru ) perguruan. Semakin baik kualitas tenaga para pamongnya maka akan tercipta suatu pendidikan yang baik. 

Juga ketua Perguruan ini dibantu oleh Ketua Bidang Pendidikan. Ketua Bidang Pendidikan. Ini bertugas menyelenggarakan sistem pendidikan Tamansisa dan dipadukan dengan pendidikan dari pemerintah agar tercipta siswa yang mandiri bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, masyarakat bangsa dan Negara. Sehingga tugas Ketua Bidang Pendidikan.inilah yang menentukan pamong itu sudah sesuai dengan profesinya atau tidak, layak atau tidak bila mereka ingin mengabdikan diri di Tamansiwa. 

Kemudian Ketua Perguruan juga dibantu oleh Ketua Bidang Perbendaharaan yang bertugas menerima keuangan dari seluruh siswa untuk dikelola demi kemajuan sekolah di lingkungan perguruan tersebut. 

Dan Ketua Perguruan juga dibantu oleh Ketua Bidang Kekeluargaan yang bertugas menangani hubungan tentang kekeluargaan dan kemasyarakatan baik intern perguruan maupun dengan yang dari luar perguruan. 

Dan dari para Ketua Bidang inilah program yang sudah dibuat oleh Ketua Perguruan dikembangkan di bidangnya masing-masing untuk diteruskan kepada Para Ketua Bagian ( Kepala Sekolah ) . 

Di Taman Cabang Cirebon ini memilki lima bagian yaitu Taman Muda ( SD ), Taman Dewasa ( SMP ) ; Taman Madya ( SMU ) : Taman Karya Madya Teknik ( STM ) dan ; Taman Karya Madya Ekonomi ( SMEA ). 

Masing masing bagian diketuai oleh seorang Ketua Bagian dan Ketua Bagian membentuk pengurus di bagian masing masing dan bertanggung jawab dalam pengelolaannya serta harus mempertanggung jawabkan apa yang dikelolanya terhadap Majelis Cabang , yang semuanya bertujuan sama yaitu mengelola persekolahan dan menumbuh kembangkan bagian itu masing masing, sesuai dengan perkembangan alam dan zaman. 

Adapun tujuan pengelolaan pendidikan di tamansiswa sudah dijelaskan sebelumnya yaitu mewujudkan pendidikan nasional Tamansiswa secara nasional demi pembangunan bangsa dan Negara kesatuan Republik Indonesia dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar