Kamis, 12 Maret 2015

PERAN TAMANSISWA

Peran Tamansiswa di kalangan masyarakat ditinjau dari sejarah kelahirannya, yang merupakan hasil dari suatu analisa keadaan bangsa Indonesia yang pada saat itu sebagai rakyat terjajah, maka berdirinya Tamansiswa merupakan bentuk reaksi positip bangsa Indonesia terhadap penjajah ( kolonialisme ). 

Kesengsaraan dan kebodohan yang melanda rakyat ingin diatasi dan bangsa Indonesia ingin  mengangkat derajat rakyatnya melalui pendidikan. 

Dengan demikian, secara langsung Tamansiswa telah meletakkan usaha kemerdekaan kehidupan bangsa itu sebagai salah satu tanggung jawabnya.  

Karena pendidikan yang ada pada waktu itu hanyalah pendidikan kolonial Hindia Belanda dengan tujuan untuk mewujudkan politik kolonialnya. Untuk itu perlu lah dicari suatu system pendidikan yang dapat melawan pendidikan kolonial tersebut.  

Dan bagi bangsa yang ingin merdeka dan “ mandireng pribadi “ diperlukan pendidikan yang berjiwa nasional dan mampu menumbuhkan semangat nasional bangsanya. 

Selain dari itu dapat dimanfaatkan dan dinikmati oleh seluruh rakyat serta Indonesia yang berlandaskan kebudayaan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar