Senin, 17 Agustus 2015

SIAPAKAH HABIB HUSEIN AL MUTHAHAR ?

Setiap perayaan memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia sudah pasti akan dikumandangkan sebuah lagu yang berjudul HARI MERDEKA

Pahlawan tanpa tanda jasa : Habib Muhammad Husein Al-Muthahar
Pencipta Lagu Hari Merdeka (17 Agustus) & Lagu Syukur

Habib Muhammad Husein Al-Muthahar meninggal dunia di Jakarta pada usia hampir 88 tahun, pada 9 Juni 2004 akibat sakit tua. 

Semestinya beliau berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dengan upacara kenegaraan sebagaimana penghargaan yang lazim diberikan kepada para pahlawan. 

Tetapi, beliau tidak menginginkan itu. Sesuai dengan wasiat beliau, pada 9 Juni 2004 beliau dimakamkan sebagai rakyat biasa di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut - Jakarta Selatan dengan tata cara Islam.

Masyarakat luas tidak banyak yang mengetahui jika beliau seorang Habaib. Karena selama ini hanya disebutkan H. MUTHAHAR dan beliau juga pengarang lagu-lagu perjuangan.

Di akhir-akhir ini jarang sekali lagu-lagu nasional dikumandangkan di sekolah-sekolah. Entah apakah karena tidak ada guru kesenian, atau memang gurunya juga tidak menguasai banyak lagu-lagu wajib nasional.

Yang sering dikumandangkan saat upacara menaikan bendera merah putih di setiap hari Senin hanyalah Halo Halo Bandung saja.

Dan dalam mengumandangkan lagu juga antara tangga nada dan kalimatnya itu tidak sesuai sehingga kedengarannya itu sumbang .

Semoga saja setelah perayaan HUT RI yang ke 70 ini bisa diperbaiki

Bangsa yang hebat adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar