Jumat, 09 September 2016

TANAMKAN AKHLAK KEPADA ANAK SEDINI MUNGKIN

Orang tua yg hebat adlh, orang tua yg selalu menanamkan karekter yg tangguh kpda anak- anaknya..

biasanya orang tua hanya mementingkan status social semata, seharusnya orang tua memberikan makna sosial yg luar biasa, 

Menginspirasi warna hidup yg lbh bermakna..!!1 kenapa..?

jawabannya karena ada tuntutan dan tanggung jawab untuk Melahirkan generasi yang akan memegang estafet perjuangan, tanggung jawab kehidupan,



Oleh karena itu tugas inti bagi orang tua adalah mendidik anak memiliki karakter menjadi pemuda yg soleh ..

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا
(wahai orang orang yang beriman jagalh dirimu dan keluargamu dari api neraka)

Ayat ini merupakan amanah dari Allah, agar orang tua turut menjaga seluruh anggota keluarganya agar menjauhi neraka

Berikut ini Tips2 singkat agar anak memiliki karakter yg soleh..

1⃣Perbaiki dirimu untuk Allah, niscaya Allah akan memperbaiki dirimu untuk anak-anakmu, oleh karena itu Orang tua yg sholeh, merupakan kekuatan karakter yang memungkinkan untuk mengarahkan anak-anaknya menjadi lbh baik sebab orang tua yang kurang kesholehannya, akan hilang karakter sebagai tauladan bagi anak kedepan..

2⃣Kenalkanlah Allah kepada anak, jelaskan apa hak-hak Allah atas mereka, dan kaitkan segala peristiwa hidup kepada mereka, karena warisan terbaik dan hadiah terbaik orang tua kepada anaknya adalah ilmu tentang Allah! Maka sungguhlah ironi jika orang tua gagal menjelaskan tentang Allah..

3⃣Paparkan kepada anak tokoh-tokoh bersejarah dalam islam, jadikanlah agar anak mengidolakan para ulama dan orang berilmu, agar bercita-cita menjadi seperti mereka.
Berikanlah sebelum mereka tidur, kisah – kisah Abu bakar, Umar bin khottob, Imam Syafi’i, Imam Nawawi, sehingga dengan kisah-kisah seperti itu akan membuat anak kagum dan jatuh cinta kepada orang2 yg telah berjuang untuk islam..

4⃣ Besarkanlah anak dengan rezeki yang halal, inilah rintangan yang sulit, karena semakin rusak zaman akan semakin sulit kehalalan diraih, maka oleh karena itu perjuangan luar biasa dari orang tua untuk mengais rezeki amat sangat mempengaruhi anak. 
lihatlah ancaman Nabi sholallahu ‘alaihi wa salam “setiap daging yang tumbuh dari makanan haram, maka neraka lebih layak bagi mereka!!”

Sahabat…
Lukmanul hakim salah satu yg disebutkan dlm alqur'an yg selalu menasehati anak, menanamkan jiwa dan karakter kesholehan untuk meneruskan estapet perjuangan...
Jika bukan anda yg mendidik mustahil akan melahirkan jiwa2 yg terdidik..!
mari merenung sejenak, siapalah yang akan menyayangi anda di masa tua renta..?
Jika bukan karena kesolehan anak anda, siapalah yang akan selalu mendoakan anda disaat malakul maut segera memanggilmu..?
selamat beraktivitas 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar