Sebagai seorang guru janganlah mendidik anak dgn cara manja,
tapi hanya sekedar mengarahkan agar mereka menjadi manusia yang mau berusaha
dan berfikir untuk kemajuan dirinya.
Misalnya ada siswa yang tidak mengeti atas apa yang
disampaikan oleh gurunya, maka sang guru kasih contoh lain yang masalahnya sama
atau hampir sama dengan materi yang disampaikan. Bila ia sudah mengerti akan
hal itu, segera untuk memecahkan apa yang dihadapinya.
Bila sang guru memberikan bantuan terlalu dini kepada siswa
maka bisa menjadikan siswa itu manja, dan bila bantuan itu berlebihan juga
kurang baik karena merupakan pemborosan dan mubazir.
Pertumbuhan jiwa-raga siswa atau anak dalam proses perkembangan
kepribadiannya secara fisik-biologik mengikuti tahapan-tahapan tertentu yang
sifatnya evolusioner. Ketentuan ini
berlaku bagi perkembangan anak yang normal. Bagi anak yang abnormal dalam arti
positif atau negative maka berlaku penyimpangan dari ketentuan tersebut
disesuaikan dengan kondisi dan situasi sang anak.
Kenyataannya hal ini akan menimbulkan kondisi anak yang
berbeda perkembangannya, sehingga di dalam pelayanannya juga guru harus
melakukan dengan cara yang berbeda.
Dengan menciptakan suasana alam kemerdekaan kepada anak akan
memberikan potensi yang bebas untuk berkembang tanpa hambatan, kalaupun ada
maka akan sangat kecil terjadinya.
Sikap dan prilaku guru yang menekan, memaksa, bahkan memarahi
apalagi dengan menghukum sang anak akan menimbulkan tekanan kepada anak dan ini
bisa menekan jiwanya. Sehinggal prilaku buruk yang ada pada diri anak tidak
bisa dihilangkan bahkan akan anak akan berprilaku menyimpang.
Anak didik sebagai individu perlu mendapatkan bimbingan dalam
usaha peningkatan dirinya secara klautatif dalam keserasian perkembangan
sosialnya dalam hidup bermasyarakat. Bila pendekatan seperti ini dilakukan
terhadap sang anak, maka akan menuntun anak agar bisa hidup bersama dengan yang
lainnya, artinya merasakan bahwa hidup itu tidak bisa sendirian, masing-masing
antara yang satu dengan yang lain itu saling membutuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar