Senin, 30 Oktober 2017

PENDIDIKAN ANAK KE 1

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillahirrahmaanirrahiim.




Wahai saudaraku anak – anak adalah merupakan amanah Allah swt yang dititipkan untuk dipelihara, dijaga, dibimbing , dituntun, diberi petunjuk yang bera,  dididik sampai mereka bisa mandiri .

Baik buruknya pendidikan anak  adalah tanggung ajwab kita sebagai orang tuanya . Menang kita mengharapkan agar anak – anak bisa menjadi anal yang salleh dan salehah.

Namun mendidik anak agar bisa menjadi anak yang saleh dan salehah itu tidak semudah seperti membalik tepak tangan , perlu perjuangan yang lumayan beratnya, perlu kesabaran.

Siapapun orang tuanya tidak mungkin ingin menjadikan anak-anaknya hidupnya lebih sengsara dan menderita seperti orang tuanya.

Minimalnya kehidupan anak-anaknya itu bisa lebih baik dari kehidupan orang tuanya. Bahkan kalu bisa namwar susah dan pahitnya kehidupan itu cukup semua dipikul oleh orang tuanya saja.

Oleh karena itu baik buruknya perkembangan  anak-anak itu oorang tua harus memantau, memonitor, mengarahkan mereka agar jangan sampai salah bergaul, jangan sampai salah memilih teman .

Wahai saudaraku anak – anak adalah  sebagai tunas bangsa , dia kelak akan menjadi dewasa dan menjadi tulang punggungnya .

Kewajiban orang tua membangun fondasi yang benar dan kokoh bagi anak-anaknya . Maka didiklah mereka denga budi pekerti yang luhur , akhlak yang baik.

Didiklah anak – anak  dengan kepribadian yang tinggi , ilmu pengetahuan yang luas, agar menjadi anak – anak yang berguna bagi dirinya, agamanya, masyarakat bangsa dan Negara .

Rasulullah saw bersabda , “  Setiap kelahiran ( anak yang dilahirkan ) dilahirkan dalam keadaan suci .  

Hanya kedua orang tuanyalah yang mencetak anakitu menjadi yahudi , Nasrani atau menjadi Majusi .

Wahai saudaraku jika pendidikan anak dibiarkan terlantar begitu saja maka akan menjadi manusia celaka , membinasakan orang tua dan merusak masyarakat .

Setiap masyarakat terutama orang tuanya akan memikul beban tanggung jawab atas kelalaian mereka dalam mendidik anak-anaknya.

Berlanjut ……………………………… ke  PENDIDIKAN ANAK KE 2 ………………

Semoga uraian singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat membuka mata hati kita yang selama ini telah tertutup. Aaaaamiin.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
Wallaahu a’lam bish shawab


Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar