Tugas
kantor, laporan mingguan, e-mail yang menumpuk, apakah sering membuat anda
kewalahan mengatur waktu sehingga anda merasa kesulitan menjadi seseorang yang
produktif ?
Dosen senior dari sekolah bisnis Harvard Robert Pozen, mengatakan
kunci menjadi produktif adalah mengetahui skala prioritas dan tujuanmu menjadi
seorang yang produktif.
Untuk itu, yuk ketahui kebiasaan baik orang-orang
produktif yang bisa kamu contoh berikut ini.
1. Mengetahui pekerjaan apa saja yang
mesti diselesaikan terlebih dahulu .
Orang-orang
yang produktif mempunyai kebiasaan menulis hal-hal apa saja yang mesti ia
lakukan saat bekerja, dari mulai hal yang kecil hingga yang terbesar lalu
membagi hal-hal tersebut menurut skala kepentingannya. Mereka juga memahami
pekerjaan apa saja yang harus diabaikan sejenak dan tidak panik saat
diperhadapkan dengan tugas-tugas baru.
2. Tahu mana yang penting dan
mendesak .
Pahami, teliti, dan catat pekerjaan apa saja yang penting dan
mendesak karena sudah jelas dua hal ini sangat berbeda. Itulah mengapa
dikatakan kamu perlu mengatur skala prioritas dan mampu membedakan mana yang
penting dan mana yang mendesak untuk segera dikerjakan.
3. Think Win-Win
.
Setiap orang punya kepentingan, tapi bukan berarti kamu bertindak egois
dengan mengerjakan prioritas yang menguntungkanmu dan merugikan orang lain.
Salah satu kebiasaan baik orang-orang produktif adalah mereka mempunyai cara
berpikir win-win. Memang terasa sulit untuk mempraktekan kebiasaan yang satu ini,
tapi selagi kamu mempunyai rasa empati terhadap situasi-kondisi yang dihadapi
orang lain, percayalah, segalanya akan terasa mudah. .
4. They handle things
once
Rahasia lain menjadi seorang yang produktif dikatakan Pozen
yaitu dengan menggunakan strategi OHIO atau “Only Handle It Once”. Ketika kamu
telah memilih pekerjaan mana yang akan kamu tangani maka selesaikan hal
tersebut hingga tuntas dan barulah kembali mengerjakan hal lain. Hal ini tentu
saja membuat kamu tidak membuang banyak waktu untuk melakukan sisa-sisa
pekerjaan yang terbengkalai.
5. Jadi sosok yang proaktif .
Lakukan
segala sesuatu maupun hal-hal yang menjadi prioritasmu dengan sepenuh hati. Hal
apapun yang dilakukan dengan sepenuh hati tanpa adanya paksaan akan membuat
hasil pekerjaanmu baik dan berjalan lancar.
Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga dapat bermanfaat
bagi anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar